Pentingnya sebuah peta lokasi dalam kehidupan kita, karena tentu saja suatu saat ketika Anda bepergian ke tempat yang baru, Anda perlu navigator. Dengan adanya apliksi mobile terpasang di ponsel Anda, seolah peta lokasi tersebut menjadi sangat mudah dikantongi kemana saja dan kapan saja.

Kabarnya kini pihak Google telah meluncurkan Maps Mobile versi 4.0 yang mana aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk handset berbasis Android saja tapi juga bisa digunakan oleh pengguna ponsel berbasis iPhone, Symbian dan juga Windows Mobile.

Beberapa dari Anda mungkin telah mengetahui bahwa Google telah merilis Google Maps for Android versi 3.4 minggu lalu, dimana para pengguna yang berada di Amerika Serikat dapat mencicipi fitur baru dari aplikasi yang dinamai pitch-and-oom. Solusi ini pertama kali muncul pada ponsel Nexus One, yang mana selanjutnya juga disediakan bagi DROID dan sekarang ketika telah mencapai versi 4.0 semua pemilik ponsel Android bisa merasakannya pula.

Fitur utama dari Google Maps 4.0 yaitu penambahan fitur baru Google Buzz, sebagai layer tambahan pada apliksi ini. Solusi baru ini tampaknya membuat Google lebih agresif untuk bisa menguasai dunia jejaring sosial. Pengguna dapat mengirimkan public buzz secara langsung menggunakan Google Maps, sehingga mereka juga dapat sekaligus berbagai informasi lokasi dari berbagai tempat yang mereka kunjungi.

Selain itu, varian baru Google Maps ini juga memiliki fitur modus malam Google Maps Navigation. Google Maps 4.0 sendiri sudah dapat berjalan pada handset Android 1.6 (Donut) ataupun Android 2.0. (Eclair), tapi sayangnya belum tersedia bagi mereka yang menggunakan handset Android 1.5 (Cupcake) dan Android 1.0.

Untuk Anda yang ingin mencoba fitur baru Google Maps 4.0 ini, khususnya bagi pengguna handset Android, iPhone, Symbian dan juga Windows Mobile dapat mencobanya melalui m.google.com dari browser ponsel Anda. Nantinya apliksi ini juga akan tersedia bagi pengguna Android yang dapat diunduh melalui Android Market.

Dikutip dari http://www.beritateknologi.com