Indonesia yang merupakan Negara kepulauan sudah pasti memiliki pantai yang indah dan asyik untuk dikunjungi, berikut daftar 8 pantai terbaik yang dimiliki oleh Indonesia:

1. Pantai Senggigi,Lombok

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pantai Senggigi memang tidak sebesar Pantai Kuta di Bali, tetapi seketika kita berada di sini akan merasa seperti berada di Pantai Kuta, Bali. Pesisir pantainya masih asri, walaupun masih ada sampah dedaunan yang masih berserakan karena jarang dibersihkan. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah.

2. Pantai Kuta,Bali

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia. Kuta terletak di Kabupaten Badung. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara, dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 70-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.  Di Kuta terdapat banyak pertokoan, restoran dan tempat permandian serta menjemur diri. Selain keindahan pantainya, pantai Kuta juga menawarkan berbagai macam jenis hiburan lain misalnya bar dan restoran di sepanjang pantai menuju pantai Legian. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula.

3.Pantai Indah Pangandaran

Pantai Indah Pangandaran adalah sebuah pantai yang terletak di pantai selatan serta menurut AsiaRooms merupakan pantai terbaik di Pulau Jawa merupakan objek wisata pantai di Jawa Barat. Pantai ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis. Beberapa keistimewaan dari Pantai ini diantaranya: Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama, Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman. Disini juga terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.

4. Pantai Parai Tenggiri,Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri adalah pantai yang terletak di kawasan daerah Matras, Sungailiat, Bangka Belitung. Pantai ini sering dijadikan obyek wisata dan terkenal dengan batuan granit berbagai ukuran. Pantai Parai merupakan pantai terbaik yang dimiliki pulau Bangka, pantai ini berjarak 35 km dari kota Pangkal Pinang. Tentunya sebagai pantai terbaik, pantai ini memiliki kondisi terbaik pula. Pantai yang terjaga dengan pasir putih dan ombaknya yang tidak terlalu besar. Pantai ini dikelilingi tebing yang curam, tapi justru itu yang membuat pesona panorama Parai menjadi menakjubkan.

5. Pantai Parangtritis,Yogyakarta

Parangtritis, adalah sebuah tempat pariwisata berupa pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta.Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup Krakal dan Pantai Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung – gunung pasir yang tinngi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk. Selain itu ada juga pemandian yang disebut parang wedang konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut.

6. Pantai Bunaken, Manado

Pantai yang ada di Manado, Sulawesi Utara merupakan pantai yang bersih dengan pasir putihnya yang menawan dan lepas pantai yang biru dengan ombak yang cukup besar. Untuk ke pantai ini cukup menggunakan taxi dari bandara yang dapat membawa wisatawan langsung ke tempat penginapan di area Pantai Bunaken, sekitar 40 km dari pusat kota Manado. Para wisatawan yang kesini sangat menikmati keindahan Bunaken. Apa lagi di kalangan wisatawan mancanegara Bunaken sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya yaitu terumbu karangnya yang masih terjaga.

7. Pantai Natsepa, Ambon

Pantai Natsepa merupakan tempat favorit warga Ambon di akhir pekan. Pantai nya yang bersih dengan pasir putih serta hamparan laut birunya dengan ombaknya yang lembut membuat atmosfir pantai ini sangat nyaman. Pantai ini terletak di desa Suli, Ambon, Maluku Tengah, 14 km dari pusat kota Ambon. Disini tersedia hotel bintang 4 yang membuat para wisatawan tidak perlu khawatir dengan akomodasi. Pantai Netsapa juga menyediakan beberapa fasilitas bagi para pelancong, seperti mencoba ski air, diving, merasakan mancing di pantai atau hanya sekedar bermain-main menikmati pesona pantai ini.

8. Pantai Pelabuhan Ratu

Sukabumi, Jawa Barat, menyimpan pesona pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain. Pantai Pelabuhan Ratu namanya. Orang Jawa Barat pastinya tidak asing dengan pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang hanya berjarak 5 jam dari Jakarta via tol Jagorawi atau dari Sukabumi ( tergantung kondisi perjalanan ) memiliki pesonanya tersendiri. Pantai Pelabuhan Ratu . Kondisi pantainya yang bersih membuat pantai ini selalu ramai di akhir pekan,

Sumber: http://www.lintasberita.com, http://koranbaru.com