Hutan mangrove mempunyai fungsi dan manfaat yang penting bagi kehidupan manusia baik itu secara langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh manusia, diantaranya nya adalah :

  1. Sebagai peredam gelombang dan angin, pelindung dari abrasi, penahan intrusi air laut ke darat, penahan lumpur dan perangkap sediment;
  2. Penghasil sejumlah besar detritus (hara) bagi plankton yang merupakan sumber makanan utama biota laut;
  3. Daerah asuhan (nursery grounds), tempat mencari makan (feeding ground), dan daerah pemijahan (spawning grounds) berbagai jenis ikan, udang dan biota laut lainnya;
  4. Penghasil kayu konstruksi, kayu baker, bahan baku arang, dan bahan baku kertas;
  5. Pemasok larva (nener) ikan, udang dan biota laut lainnya;
  6. Habitat bagi beberapa satwa liar, seperti burung, reptilia (biawak, ular), dan mamalia (monyet);
  7. Sebagai tempat ekowisata/objek wisata;
  8. Menciptakan iklim yang sejuk.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari keberadaan hutan mangrove. Namun sayang kondisi hutan mangrove yang ada pada saat ini banyak yang mengalami degradasi secara kualitas maupun kuantitas yang sebagian besar sebagai dampak dari kegiatan manusia antara lain:

Pemanfaatan lahan untuk usaha budidaya pertanian, perkebunan, peternakan, tambak dan pemukiman; Pembangunan berbagai fasilitas ekonomi, pertanian dan pariwisata; Pemanfaatan hutan mangrove oleh masyarakat secara tradisional untuk menambatkan perahu nelayan, tempat mencari makan bagi ternak yang tidak terkendali serta penebangan untuk kayu bakar.