Setelah melalui beberapa pertandingan yang alot, akhirnya Spanyol membuktikan diri menjadi yang terbaik di dunia. Pada babak fase grup penampilan Spanyol terbilang biasa saja, kalah 1-0 dari swiss menang 2-0 dari honduras lalu menang 2-1 dari chili. Pelan namun pasti Spanyol akhirnya menjadi juara grup dan di perdelapan final harus berjumpa raksasa Portugal.

Pahlawan Spanyol David Villa menjadi penentu kemenangan setelah menjebol gawang Portugal, hasil 1-0 mengantarkan Spanyol ke babak perempat final dan akan ditantang oleh paraguay yang menang dari wakil asia Jepang melalui drama adu pinalti. Pada babak perempat final paraguay pun di jungkalkan nya dengan skor tipis 1-0 lewat gol David Villa yang mengantarkan ke babak semifinal untuk bertemu raksasa jerman.

Penampilan apik Tim Panser Jerman pada babak sebelumnya, menang 4-1 dari Inggris, dan menang 4-0 dari faforit juara  Argentina membuat publik berfikir bahwa spanyol pun akan dikalahkan dimudah, tapi ternyata sebaliknya, Tim panser dibuat tidak berkutik dengan panampilan menawan Carlos Puyol dan kawan-kawan. Permainan satu dua satu dua dengan operan pendek membuahkan hasil tendangan pojok yang menjadi awal tercitanya satu-satu nya gol pada partai ini. Melalui tendangan sudut andreas iniesta dan dilanjutkan dengan sundulan carlos puyol, 1-0 untuk Spanyol hingga berakhirnya waktu normal. Jerman tertunduk lesu, Spanyol bersorak sorai menyambut partai final yang baru pertama kali di jajakinya untuk bertemu dengan raksasa belanda.

Pada babak final, pertandingan begitu ketat, beberapa peluang dari kedua tim tidak dapat di selesaikan dengan baik, sehingga memaksa dilakukan perpanjangan waktu 2×15 menit. Pada menit 116 petaka pun terjadi bagi Belanda, umpan apik fabregas di sambut tendangan terarah andreas iniesta dan gggooooooooollllll……. Kemenangan 1-0 mengantarkan Spanyol menjadi juara Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Juara yang direngkuh nya untuk pertama kali sejak keikutsertaan nya di piala dunia tahun 1930.  Bravo Spanyol……..