Jorge Lorenzo menambah keunggulannya di puncak kejuaraan dunia setelah tampil dominan di MotoGP Inggris, Minggu (20/6), di Silverstone. Pembalap Fiat Yamaha tersebut start dari yang terdepan dan terus unggul hingga akhir balapan, mengungguli pembalap Italia, Andrea Dovizioso dari tim Honda, dengan pembalap Amerika Serikat, Ben Spies, menempati posisi ketiga untuk Yamaha. Pembalap Amerika Serikat lainnya, Nicky Hayden, berada di urutan keempat, mengungguli Casey Stoner.

”Ini merupakan hari penting bagi saya dan kemenangan penting, karena saya merasa demikian kuat dan saya begitu menikmati mengendarai yamaha saya,” kata Lorenzo, yang kini mengungguli Dovizioso dengan 37 angka di klasemen kejuaraan.

“Saya mempunyai perasaan yang berbeda hari ini. Saya merasa akan menjalani balapan yang baik.

“Saya tidak pernah bermimpi memenangi tiga dari lima balapan, tetapi kami di sini mewujudkannya dan saya merasa sangat kuat secara mental saat ini. Saya berterima kasih kepada tim saya, Yamaha, dan Bridgestone untuk kemenangan ini.”

Spies menyalip Hayden pada akhir balapan tersebut untuk meraih tempat terakhir podium. Dani Pedrosa dari tim Honda, pemenang di Italia dua pekan lalu, memulai balapan di barisan depan bersama Lorenzo dan de Puniet, tetapi kalah dalam balapan perebutan gelar dari rekan senegaranya dari Spanyol, sementara ia menempati urutan kedelapan.

Lorenzo, 23 tahun, yang menjadi favorit merebut gelar juara dunia setelah rekan satu timnya, Valentino Rossi, patah tulang kakinya dalam latihan untuk Grand Prix Italia, kini memenangi tiga dari lima balapan hingga kini musim ini, dengan menempati posisi kedua di dua balapan. Pembalap Prancis, Randy de Puniet, start dari barisan kedua dan mempertahankan posisi itu hingga disalip pertama kali oleh Dovizioso di putaran ketujuh, dan kemudian oleh Hayden dari Ducati empat putaran menjelang akhir balapan tersebut, hingga akhirnya berada di urutan keenam.

Sumber : http://www.gatra.com