Sejarah Honda nggak terlepas dari tangan seorang Soichiro Honda, sang pendiri. Soichiro Honda ini seorang pembalap (racer), juga seorang businessman, dan juga seorang manufaktur sejati. Disamping semua itu, yang paling penting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi (dreamer). Dia memimpikan membuat piston ring yang lebih baik, mendirikan sebuah perusahaan kecil dan memproduksinya.

Perusahaan kecil di Hamamatsu (sebelum lahir Honda Motor Company) berhasil membuat motor bike di bulan Oktober 1946. Motornya ini menggunakan rangka sepeda, karena gasoline sangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakan turpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress). Namun karena mutunya tidak begitu bagus, motor mesti dipedal terlebih dahulu baru bisa jalan. Di bulan November 1947, Seichiro Honda mengembangkan motor bike berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih menggunakan turpentine dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”.

Barulah pada tahun 1958 Seichiro Honda mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangat mendukung dari sisi financial. Bersama-sama mereka mendirikan emperium Honda. Di tahun 1948 juga, Honda mengeluarkan motobike dengan engine 90cc modifikasi dari type A, yang dikenal sebagai “B-Type”. Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Seperti sebelumnya, Mr. Honda selalu mengikuti setiap step dalam proses pembuatan motor ini, dan makanya disebut D-Type karena Dreamnya mulai terwujud. Dan milestone ini membuat Honda semakin memproduksi motor yang lebih baik dan semakin canggih.

(Sumber: http://triatmono.wordpress.com)