Zebra cross adalah tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang jalan, dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur berwarna putih dan hitam yang tebal garisnya 300 mm dan dengan celah yang sama dan panjang sekurang-kurangnya 2500 mm. Disebut sebagai zebra cross karena menggunakan warna hitam dan putih seperti warna pada hewan zebra dari kelompok hewan kuda yang hidup di Afrika. (sumber:wikipedia)..

tapi kenapa ya?? ko’ sekarang zebra cross gak ada fungsinya.. hanya sebagai hiasan jalan raya aja, karena orang2 masih sembarangan nyebrang, bahkan jembatan penyebrangan yang sedianya untuk penyebrang, jarang sekali digunakan..
klo dihitung ada berapa zebra cross yang melintang di jalanan?? tak terhitung,, dilampu merah, di dekat halte ataupun didaerah2 yang banyak penyebrang jalannya. rasa kesadaran masyarakat yang kurang atau memang budaya buruk yang sudah mengarat????
Klo mau maju mulailah dari hal yang kecil dunk, menyebranglah ditempat nya, di zebra cross atau di jembatan penyebrangan, pastinya lebih amaaann…