Untuk membersihkan atau melepas stiker pada kendaraan yang telah tertempel stiker kebanyakan orang melakukannya dengan menggunakan kuku. Sebenarnya hal tersebut dapat mengakibatkan lecet atau tergoresnya bagian body yang tertempel stiker.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan sebelum melakukan pelepasan stiker pada kendaraan kita, terlebih lagi melepas stiker pada body mobil.

Ada pun peralatan yang harus dipersiapkan sebelum melepas stiker diantaranya adalah : hair dryer, skrap karet, kain pembersih (lap), cairan pembersih stiker (bensin atau minyak tanah, air shampo, dan air bersih). Ada beberapa langkah yang harus di perhatikan dan dilakukan untuk pelepasan stiker pada kendaraan kita, yaitu :

1. Stiker yang akan dilepas dipanasi dahulu dengan menggunakan hair dryer sampai stiker menjadi panas dan melepuh, kemudian tarik secara perlahan-lahan menggunakan skrap karet. (Untuk bahan jenis scotchlite lebih sulit pelepasannya karena bahan jenis ini mudah patah/putus pada saat dilepas sehingga harus teliti dan penuh kesabaran).
2. Jika stiker sudah dingin kembali maka akan susah untuk dilepas, maka ulangi langkah pertama sampai stiker dapat terlepas semua.
3. Untuk membersihkan sisa-sisa lem bekas stiker gunakan cairan pembersih stiker, dapat juga menggunakan bensin atau minyak tanah. Gosok dengan lap kain sampai sisa-sisa lem benar-benar hilang.
4. Kemudian gunakan air shampo dan lap untuk membersihkan bekas cairan pembersih stiker,bensin atau minyak tanah. Lalu bilas dengan air bersih dan di lap kering.